MAKALAH ILMU BUDAYA DASAR
TOPIK :
Peran UNIVERSITAS GUNADARMA DALAM PELESTARIAN
Peran UNIVERSITAS GUNADARMA DALAM PELESTARIAN
NILAI-NILAI Budaya
DIBUAT
OLEH :
NAMA : ATIKAH
NPM : 11111289
KELAS : 1KA33
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKHNOLOGI INFORMASI
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
NAMA : ATIKAH
NPM : 11111289
KELAS : 1KA33
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKHNOLOGI INFORMASI
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
Mata Kuliah
: Ilmu Budaya Dasar
Dosen : Muhammad
Burhan Amin
Topik Makalah
Peran UNIVERSITAS
GUNADARMA DALAM PELESTARIAN
NILAI-NILAI
Budaya
Kelas : 1-KA33
Tanggal
Penyerahan Makalah : 27 April 2012
Tanggal Upload Makalah : 28
April 2012
P E R N Y A T A A N
Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan
dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari
tim / pihak lain.
Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat
nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.
P e n y u s u n
N P M
|
Nama
Lengkap
|
Tanda
Tangan
|
Kata pengantar
Assalammuallaikum WR.WB
Dengan mengucap puji syukur kepada Tuhan Yang Maha
Esa atas berkat dan karuniaNya kepada saya sehingga dapat memyelesaikan tugas
Ilmu Budaya Dasar berupa makalah ini. Tak lupa saya shalawat
beriring salam saja junjungkan kepada
nabi besar MUHAMMAD SAW.Pada intinya tujuan pembuatan makalah ini yaitu
menambah pengetahuan dan wawasan tentang Peran
Universitas Gunadarma dalam pelestarian nilai-nilai budaya.Sebagai penulis
saya menyadari terdapat kendala yang harus di hadapi dalam pembuatan makalah
ini. Lebih
dan kurangnya saya mohon maaf apabila dalam makalah ini terdapat berbagai
kesalahan saya meminta maaf. Maka dari itu saya mengucapkan terima kasih
kepada:
- Tuhan Yang Maha Esa atas Rahmat dan
KaruniaNya sehingga tugas makalah ini dapat selesai tepat waktu walaupun
terdapat kendala.
- Orang tua yang telah memberikan dukungan
moril dan material.
- Bapak Muhammad Burhan Amin selaku dosen
pengajar Ilmu Budaya Dasar yang telah memberi ilmunya sehingga penulis
dapat membuat makalah ini.
- Teman-teman
atas kerjasama dan
kekeluargaan.
- Seluruh pihak yang berpartisipasi selama
penulisan makalah ini.
Penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna, oleh karena itu
kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu penulis
harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Wassalammualaikum.
Hormat saya
ATIKAH
DAFTAR ISI
Pernyataan
................................................................................................................. i
Kata
pengantar ........................................................................................................... ii
Daftar
isi
..................................................................................................................... iii
Bab I
pendahuluan
1.Latar belakang……………………………………………………………… ....... 1
1.1 Tujuan……………………………………………………………………… ...... 2
1.2 Sasaran………………………………………………………………………… ..... 2
Bab II
Permasalahan
1.
Strenght
(kekuatan) ..................................................................................... .... 3
2.
Kelemahan
(Weakness)
............................................................................... ... 4
3.
Kesempatan
(Oppurtunity)
........................................................................... ..... 4
4.
Tantangan/Hambatan
(Threats) ..................................................................... ..... 4
Bab III
Kesimpulan dan Rekomendasi
............................................................................ ....... 5
Referensi
........................................................................................................................... .... 6
BAB
I
(PENDAHULUAN)
A.LATAR
BELAKANG
Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks,
abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif.
Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial
manusia,Pendidikan untuk memanusiakan manusia secara filosofis dan mencerdaskan
kehidupan bangsa secara normatif. Sebagai sebuah proses, tentu tidak dilihat dalam waktu singkat. Pendidikan
adalah investasi jangka panjang bagi sebuah bangsa. Berhasil tidaknya proses
pendidikan akan mempengaruhi bangsa Indonesia dimata bangsa lainnya. Menurut Andreas Eppink, kebudayaan mengandung
keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta
keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi
segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu
masyarakat.
“Peran
Universitas Gunadarma dalam Pelestarian Nilai-Nilai Budaya”. Universitas sebagai lembaga
pendidikan tak bisa di pisahkan dengan mahasiswa. Dimana mahasiswa memiliki
kedudukan dan peranan penting dalam pelestarian seni dan budaya daerah.Mahasiswa
diharapkan dapat membantu setiap universitasnya untuk mengembangkan pelestarian
kebudayaan dengan cara ikut serta dalam kegiatan apapun terutama yang bersifat kebudayaan yang diberikan oleh
pihak universitas, khhususnya universitas gunadarama,peran universitas gunadarma
untuk saat ini sudah ikut melestarikan nilai-nilai kebudayaan dengan cara
memberikan bimbingan/pelajaran tentang kebudayaan, adanya seminar dan
ivent-ivent yang lainnya. diharapkan dapat memberikan arah
bagi perwujudan identitas nasional yang sesuai dengan nilai-nilai luhur budaya
bangsa. Kebudayaan nasional dikembangkan dengan mengangkat nilai budaya
lokal/daerah yang luhur, serta menyaring dan menyerap nilai budaya dari luar
yang positif. Ada beberapa unsure
kebudayaan menurut: Bronislaw Malinowski mengatakan ada 4 unsur pokok
yang meliputi:
§ sistem norma sosial yang memungkinkan kerja sama
antara para anggota masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan alam
sekelilingnya
§ organisasi ekonomi
§ alat-alat dan lembaga-lembaga atau
petugas-petugas untuk pendidikan (keluarga adalah lembaga pendidikan utama)
§ organisasi kekuatan (politik)
1.1 TUJUAN
adalah untuk memberikan informasi dan wawasan
terhadap masyarakat yang membaca makalah ini
khususnya mahasiswa yang mempelajari Ilmu Budaya Dasar agar dapat mengetahui
pentingnya peran kebudayaan pada kehidupan sehari-hari dan juga:
Ø Memenuhi tugas ilmu budaya dasar .
Ø Menjelaskan pentingnya peran universitas
gunadarma dalam pelestarian nilai-nilai budaya.
Ø Menyampaikan informasi kepada masyrakat peran
universitas dalam kebudayaan Indonesia.
Ø Mengamalkan pola budaya yang
dianut pada kehidupan sehari-hari.
1.2
Sasaran
Ø Pembaca
makalah peran universitas gunadarma dalam pelestarian nilai-nilai kebudayaan..
Ø Seluruh
lapisan masyarakat khususnya para kaum muda untuk tetap mau melestarikan
kebudayaan bangsa
Ø Pihak-pihak kampus universitas
gunadarma baik dosen,mahasiswa, dan lainya
BABII
(PERMASALAHAN)
Analisis
permasalah peran universitas gunadarma dalam pelestarian nilai-nilai budaya
dengan memperhatikan dan memprtimbangkankondisi lingkungan baik eksternal
maupun internal ditunagkan dalam SWOT
A. KEKUATAN
A.
Usaha
dari pihak universitas gunadarma dalam memberikan pengajaran kebudayaan yaitu
ilmu budaya dasar
B. Tujuan
dari pihak universitas gunadarma sesuai dengan tujuan pendidikan nasional
adalah mencerdaskan kehiduoan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia
seutuhnya
C. Memberikan
banyak pengajaaraan tentang kebudayaan dalam kegiatan yang mendukung
peleestarian.
D. Persatuan
dan kesatuan
B.
KELEMAHAN
a. Tidak
adanya jurusan yang bisa memperkuat kebudayaan
b. Tidak
adanya pembentukan kegiatan mahasisswa tentang pelestarian kebudayaanoleh pihak
kampus universitas gunadarma
c. Seringkali
ada jurang pemisah antaraa dosen dan mahasiswa
d. Perselisihan
antar mahasiswa lainnya
C.KESEMPATAN
a. Indonesia
dipandang internasional karena kebudayaanya
b. Banyak
Negara lain yang datang kebangsa Indonesia untuk belajar kebudayaan kita dengan
menuntut ilmu di Negara indonesia
c. Mulai banyaknya
pemberian beasiswa dengan sistem pertukaran pelajar. Ini dapat membuka jalan
bagi budaya yang akan dibawa oleh mahasiswa ke negara yang dituju untuk
menuntut ilmu.
d. Terdapat
terlaksananya beberapa kegiatan yang mendukung kebudayaan
D.TANTANGAN
a. Kesadaran
Mahasiswa Terhadap Budaya Lokal Saat Ini Sangat Rendah, Mahasiswa Cenderung
Memilih Budaya Yang Kebaraat-Baratan.
b. Kurangnya
Perhattian Universitas Gunadarma Dalam Pelestarian Nilai-Nilai Kebudaya
c. Harus
lebih memajukan lagi pendidikan tentang kebudayaan di universitas
gunadarma,bukan hanya dimajukan saja tetapi juga peerwujudanya
d. Semakin
Kuatnya Nilai-Nilai Materaliasme.
BAB III
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
- Kesimpulan
a.
kebudayaan
mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan
struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala
pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.
b.
c.
Mulai banyaknya pemberian beasiswa dengan sistem pertukaran pelajar. Ini
dapat membuka jalan bagi budaya yang akan dibawa oleh mahasiswa ke negara yang
dituju untuk menuntut ilmu.
d.
Kesadaran Mahasiswa Terhadap Budaya Lokal Saat
Ini Sangat Rendah, Mahasiswa Cenderung Memilih Budaya Yang Kebaraat-Baratan
2.REKOMENDASI
a.
Usaha
dari pihak universitas gunadarma dalam memberikan pengajaran kebudayaan yaitu
ilmu budaya dasar
b. Tidak
adanya pembentukan kegiatan mahasisswa tentang pelestarian kebudayaanoleh pihak
kampus universitas gunadarma
c. Banyak
Negara lain yang datang kebangsa Indonesia untuk belajar kebudayaan kita dengan
menuntut ilmu di Negara Indonesia
d. Semakin
Kuatnya Nilai-Nilai Materaliasme terhadap kebudayaan.
REFERENSI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar