Jumat, 27 April 2012


MAKALAH ILMU BUDAYA DASAR
TOPIK :
Peran UNIVERSITAS GUNADARMA DALAM PELESTARIAN
NILAI-NILAI Budaya











DIBUAT OLEH :
NAMA                        : ATIKAH
NPM                           : 11111289
KELAS                       : 1KA33


FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKHNOLOGI INFORMASI
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA






Mata Kuliah  :  Ilmu Budaya Dasar
Dosen : Muhammad Burhan Amin

Topik Makalah
Peran UNIVERSITAS GUNADARMA DALAM PELESTARIAN
NILAI-NILAI Budaya

 

Kelas  :  1-KA33

Tanggal Penyerahan Makalah : 27 April 2012
Tanggal Upload Makalah  :  28 April 2012

P E R N Y A T A A N


Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.

Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.

P e n y u s u n



N P M
Nama Lengkap
Tanda Tangan









Kata pengantar
Assalammuallaikum WR.WB
Dengan mengucap puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan karuniaNya kepada saya sehingga dapat memyelesaikan tugas Ilmu Budaya Dasar berupa makalah ini. Tak lupa saya shalawat beriring salam saja junjungkan  kepada nabi besar MUHAMMAD SAW.Pada intinya tujuan pembuatan makalah ini yaitu menambah pengetahuan dan wawasan tentang Peran Universitas Gunadarma dalam pelestarian nilai-nilai budaya.Sebagai penulis saya menyadari terdapat kendala yang harus di hadapi dalam pembuatan makalah ini. Lebih dan kurangnya saya mohon maaf apabila dalam makalah ini terdapat berbagai kesalahan saya meminta maaf. Maka dari itu saya mengucapkan terima kasih kepada:

  1. Tuhan Yang Maha Esa atas Rahmat dan KaruniaNya sehingga tugas makalah ini dapat selesai tepat waktu walaupun terdapat kendala.
  2. Orang tua yang telah memberikan dukungan moril dan material.
  3. Bapak Muhammad Burhan Amin selaku dosen pengajar Ilmu Budaya Dasar yang telah memberi ilmunya sehingga penulis dapat membuat makalah ini.
  4. Teman-teman  atas kerjasama dan kekeluargaan.
  5. Seluruh pihak yang berpartisipasi selama penulisan makalah ini.

Penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu penulis harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Wassalammualaikum.


Hormat saya



ATIKAH





DAFTAR ISI



Pernyataan .................................................................................................................                        i
Kata pengantar ...........................................................................................................            ii
Daftar isi .....................................................................................................................           iii
Bab I pendahuluan
1.Latar belakang………………………………………………………………           .......       1
1.1  Tujuan………………………………………………………………………    ......            2

1.2  Sasaran…………………………………………………………………………  .....         2
Bab II Permasalahan
1.      Strenght (kekuatan) .....................................................................................    ....    3
2.      Kelemahan (Weakness) ...............................................................................  ...       4
3.      Kesempatan (Oppurtunity) ........................................................................... .....      4
4.      Tantangan/Hambatan (Threats) ..................................................................... .....      4
Bab III Kesimpulan dan Rekomendasi ............................................................................   .......  5
Referensi ...........................................................................................................................   ....  6






BAB I
(PENDAHULUAN)
A.LATAR BELAKANG
Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia,Pendidikan untuk memanusiakan manusia secara filosofis dan mencerdaskan kehidupan bangsa secara normatif. Sebagai sebuah proses, tentu tidak dilihat dalam waktu singkat. Pendidikan adalah investasi jangka panjang bagi sebuah bangsa. Berhasil tidaknya proses pendidikan akan mempengaruhi bangsa Indonesia dimata bangsa lainnya. Menurut Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.
“Peran Universitas Gunadarma dalam Pelestarian Nilai-Nilai Budaya”. Universitas sebagai lembaga pendidikan tak bisa di pisahkan dengan mahasiswa. Dimana mahasiswa memiliki kedudukan dan peranan penting dalam pelestarian seni dan budaya daerah.Mahasiswa diharapkan dapat membantu setiap universitasnya untuk mengembangkan pelestarian kebudayaan dengan cara ikut serta dalam kegiatan apapun terutama  yang bersifat kebudayaan yang diberikan oleh pihak universitas, khhususnya universitas gunadarama,peran universitas gunadarma untuk saat ini sudah ikut melestarikan nilai-nilai kebudayaan dengan cara memberikan bimbingan/pelajaran tentang kebudayaan, adanya seminar dan ivent-ivent yang lainnya. diharapkan dapat memberikan arah bagi perwujudan identitas nasional yang sesuai dengan nilai-nilai luhur budaya bangsa. Kebudayaan nasional dikembangkan dengan mengangkat nilai budaya lokal/daerah yang luhur, serta menyaring dan menyerap nilai budaya dari luar yang positif.  Ada beberapa unsure kebudayaan menurut: Bronislaw Malinowski mengatakan ada 4 unsur pokok yang meliputi:
§  sistem norma sosial yang memungkinkan kerja sama antara para anggota masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan alam sekelilingnya
§  organisasi ekonomi
§  alat-alat dan lembaga-lembaga atau petugas-petugas untuk pendidikan (keluarga adalah lembaga pendidikan utama)
§  organisasi kekuatan (politik)



1.1  TUJUAN
adalah untuk memberikan informasi dan wawasan terhadap masyarakat yang membaca makalah ini khususnya mahasiswa yang mempelajari Ilmu Budaya Dasar agar dapat mengetahui pentingnya peran kebudayaan pada kehidupan sehari-hari dan juga:
Ø  Memenuhi tugas ilmu budaya dasar .
Ø  Menjelaskan pentingnya peran universitas gunadarma dalam pelestarian nilai-nilai budaya.
   Ø  Menyampaikan informasi kepada masyrakat peran universitas dalam kebudayaan Indonesia.
    Ø  Mengamalkan pola budaya yang dianut pada kehidupan sehari-hari.

1.2 Sasaran
Ø  Pembaca makalah peran universitas gunadarma dalam pelestarian nilai-nilai kebudayaan..

Ø  Seluruh lapisan masyarakat khususnya para kaum muda untuk tetap mau melestarikan kebudayaan bangsa

Ø  Pihak-pihak kampus universitas gunadarma baik dosen,mahasiswa, dan lainya
  


BABII
(PERMASALAHAN)

Analisis permasalah peran universitas gunadarma dalam pelestarian nilai-nilai budaya dengan memperhatikan dan memprtimbangkankondisi lingkungan baik eksternal maupun internal ditunagkan dalam SWOT

A.    KEKUATAN
A.    Usaha dari pihak universitas gunadarma dalam memberikan pengajaran kebudayaan yaitu ilmu budaya dasar
B.     Tujuan dari pihak universitas gunadarma sesuai dengan tujuan pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehiduoan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya
C.     Memberikan banyak pengajaaraan tentang kebudayaan dalam kegiatan yang mendukung peleestarian.
D.    Persatuan dan kesatuan

B.     KELEMAHAN
a.       Tidak adanya jurusan yang bisa memperkuat kebudayaan
b.      Tidak adanya pembentukan kegiatan mahasisswa tentang pelestarian kebudayaanoleh pihak kampus universitas gunadarma
c.       Seringkali ada jurang pemisah antaraa dosen dan mahasiswa
d.      Perselisihan antar mahasiswa lainnya






     C.KESEMPATAN
a.       Indonesia dipandang internasional karena kebudayaanya
b.      Banyak Negara lain yang datang kebangsa Indonesia untuk belajar kebudayaan kita dengan menuntut ilmu di Negara indonesia
c.       Mulai banyaknya pemberian beasiswa dengan sistem pertukaran pelajar. Ini dapat membuka jalan bagi budaya yang akan dibawa oleh mahasiswa ke negara yang dituju untuk menuntut ilmu.
d.      Terdapat terlaksananya beberapa kegiatan yang mendukung kebudayaan



D.TANTANGAN
a.  Kesadaran Mahasiswa Terhadap Budaya Lokal Saat Ini Sangat Rendah, Mahasiswa Cenderung Memilih Budaya Yang Kebaraat-Baratan.
b.      Kurangnya Perhattian Universitas Gunadarma Dalam Pelestarian Nilai-Nilai Kebudaya
c.       Harus lebih memajukan lagi pendidikan tentang kebudayaan di universitas gunadarma,bukan hanya dimajukan saja tetapi juga peerwujudanya
d.      Semakin Kuatnya Nilai-Nilai Materaliasme.




BAB III
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI


  1. Kesimpulan
a.        kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu  pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.
b.        
c.        Mulai banyaknya pemberian beasiswa dengan sistem pertukaran pelajar. Ini dapat membuka jalan bagi budaya yang akan dibawa oleh mahasiswa ke negara yang dituju untuk menuntut ilmu.
d.       Kesadaran Mahasiswa Terhadap Budaya Lokal Saat Ini Sangat Rendah, Mahasiswa Cenderung Memilih Budaya Yang Kebaraat-Baratan
2.REKOMENDASI
a.       Usaha dari pihak universitas gunadarma dalam memberikan pengajaran kebudayaan yaitu ilmu budaya dasar
b.      Tidak adanya pembentukan kegiatan mahasisswa tentang pelestarian kebudayaanoleh pihak kampus universitas gunadarma
c.       Banyak Negara lain yang datang kebangsa Indonesia untuk belajar kebudayaan kita dengan menuntut ilmu di Negara Indonesia
d.      Semakin Kuatnya Nilai-Nilai Materaliasme terhadap kebudayaan.





REFERENSI














Tidak ada komentar:

Posting Komentar